Discussion with Depok Government on transportation issues

http://www.lutfiprayogi.co.cc

 

This is a follow-up discussion regarding my previous suggestion to Mayor of Depok, Mr. Nur Mahmudi Ismail. Enjoy.🙂

1. Tuips, gw ingin nyeritain hasil diskusi tadi siang bersama Kadishub Depok dan asisten Walikota Depok yg difasilitasi oleh Walikota Depok..

2. .. bpk Nur Mahmudi Ismail. Jadi setelah gw ngasi saran ttg revitalisasi angkot Depok, https://lutfiprayogi.wordpress.com/2012/10/22/a-suggestion-for-depok-angkots-revitalization/ …, beliau ngundang gw dtg ke..

3. .. kantornya utk brdiskusi dan nyusun perencanaan ttg itu. Mnrt asistennya, beliau ingin ikut berdiskusi, namun berhalangan.

4. Diskusinya gw klasifikasi mnjadi dua sesi, yaitu sesi diskusi masalah dan rncana transportasi umum di Depok, dan sesi curhat.

5. Sesi diskusi ttg masalah dn rncana transportasi umum Depok sebetulnya cukup standar, apa yg dipaparkan oleh pejabat Dishub sdh bbrp kali..

6. .. disampaikan di media. Masalah yg paling krusial dan rumit adalah kepemilikan usaha angkot yg perorangan, sehingga sulit dikendalikan. ..

7. .. Pemkot mendorong pemilik usaha angkot utk membentuk badan hukum scara UU, nmn byk masalahnya. Brbagai skema yg ditawarkan pemkot gagal…

8. .. Cikal bakal badan hukum, seperti koperasi pengusaha, tidak solid dan berakar di pengusaha. Intinya adlh krn pngusaha angkot udh biasa..

9. .. ngurus hidup angkotnya sndiri, mreka ga mw brubah jadi BH, krn takut rejekinya berkurang.

10. Sementara itu, rencana ke depan Pemkot adalah mengadakan pengumpan/feeder busway ke beberapa titik di Depok. Hibah Pusat berupa bus ukuran..

11. .. besar tdk bisa dipakai di Depok karena sempitnya jalan, sehingga skrg sdg diusahakan utk mngadakan bus ukuran sedang (3/4).

12. Kurang lebih itu tadi sesi pertama. Sesi kedua adalah sesi curhat pejabat Dishub kepada asisten Walikota. Justru di sesi inilah gw..

13. .. mnangkap bbrp klemahan dsr dari Dishub, yg juga mnggambarkan klemahan kita para org trdidik scara umum. Gw ceritakan dulu ya curhatny.😀

14. .. Mreka curhat, tiap ada trayek angkot baru, angkotnya dimusuhi sama tulang ojek. Mreka bingung hrs gmana. Mreka jg curhat, ktika..

15. .. mnghibahkan angkot Elf baru utk dikelola brsama oleh dua pengusaha angkot, eh pngusahanya brantem. Fufu. Dan yg paling unyu, ..

16. .. mreka ‘sedih’ waktu didemo BEM UI (cc: @nickosetyabudi@maman_abdrkhmn @faldomaldini) trkait tuntutan pembangunan JPO di Kober. Mereka..

17. .. jadi dikejar2 wartawan. Ketika mreka akhirnya memasang polisi tidur di kober, eh mereka msh dikejar2 wartawan. Polisi tidurnya dianggap..

18. ..kemahalan lah, tidak seharusnya ada polisi tidur di jalan arteri, dsb.#pukpukbapakKadishub. Ttg JPO Margonda, jadi sampe detik ini..

19. .. pemilik lahan di titik2 yg akan dibangun JPO blm mw melepaskan lahannya utk dibangun mnjadi tangga JPO. Ya, membebaskan lahan utk..

20. .. kpentingan umum itu naudzubillahmindzalik susahnya di negeri ini. UU Pengadaan Lahan blm menunjukkan efektivitasnya.

21. Nah, dari sluruh diskusi tersebut, ada dua kesimpulan strategis yg perlu kita pahami bersama. Pertama, mslh transportasi msh dilihat..

22. .. sbagai masalah teknis/engineering saja. Dishub sjauh ini hanya bekerjasama dgn Dept Sipil UI dlm merumuskan kebijakannya. Dishub bahkan..

23. .. tdk prnh brhubungan dgn Dept. Ars UI, pdhl di dept trsebut byk pakar tata kota yg dpt memberi perspektif brbeda ttg transportasi. Utk..

24. .. mslh ‘premanisme tukang ojek’, ‘sulitnya menginisiasi pengusaha angkot mmbentuk badan hukum’, Dishub blm prnh brhubungan dgn..

25. .. Dept. Sosiologi UI, misalkan.

26. .. Kedua, dan ini krusial utk para peneliti dan akademisi (cc:@romadhaniardi), penelitian di UI sangat jarang yg sampai ke Pemkot Depok, ..

27. .. trmasuk penelitian ttg transportasi. Peneliti ya neliti, pemerintah ya membuat kebijakan. Kurang adanya sinergi antara keduanya. ..

28. .. Namun gw melihat ada niat baik dari Pemkot Depok utk memberi dukungan trhadap penelitian2 di UI ttg Depok, dlm hal perizinan, dana, dll.

29. .. Ok demikianlah isi dan kesimpulan diskusi tadi siang, semoga bermanfaat.🙂

 

Bonus:

1. Padahal pelaksanaan kerjasama pemda-perguriang tinggi bisa sgt sederhana, dlm bayangan gw. Katakanlah, pemkot ingin nyelesein mslh ..

2. .. “premanisme tukang ojek”. Kok gw mikir, udh ada ya mhsswa Sosio yg ngebahas itu di skripsinya. Pemkot tinggal ngehubungi Depr Sosio, ..

3. .. tanya ada apa ngga skripsi dgn topik sperti itu, minta akses utk negabacanya, selesai. Skripsi itu pst udh jd masukan brharga bwt..

4. .. Pemkot. Cc: @her_fnu @romadhaniardi @rahardianwahyu

4 Responses to “Discussion with Depok Government on transportation issues”

  1. fajrie Says:

    respect sama pemkot, mau memfasilitasi diskusi ini,, jadi mau diskusi langsung sama lu nih gie🙂

  2. Dea Adhicita Says:

    gi sumpah keren abis. Betul tuh, sebenernya tinggal menghubungkan perguruan tinggi sama pemkot yak, lha wong UI adanya di Depok ya sebaiknya memberi kebermanfaatan yg besar ke pemkot

  3. ashlih Says:

    beuh ganteng banget lo gi..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: