Balada Pembayaran PKB

http://www.lutfiprayogi.co.cc

Ini adalah pengalaman kesekian kalinya saya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan di Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat. Selama ini saya selalu membayar PKB di Samsat Depok 2. Di tempat tersebut seluruh proses pembayaran memakan waktu paling cepat 1 jam 30 menit perorang, walaupun orang tersebut datang pada pukul 07.00, 30 menit sebelum kantor tersebut buka di pukul 07.30. -__-

Tergiur oleh pengalaman teman-teman yang mengatakan membayar PKB di Gerai Samsat Depok Town Square memakan waktu tidak lebih dari setengah jam, saya mencoba untuk bayar disana. Jam mulai pelayanan resminya adalah pukul 09.00. Saya datang jam 08.57, lalu memfotokopi segala kelengkapan di kios fotokopi di samping Gerai Samsat. Jam 09.02 saya ke Gerai Samsat-nya, dan ternyata oh ternyata dia belum buka dan belum ada satupun petugas disana!!

Jam 09.30 petugas pertama datang, mengambil tumpukan berkas calon pembayar (sekitar 15 berkas), membuka pintu Gerai, mempersilakan calon pembayar masuk, dan mulai memeriksa berkas2. Pukul 09.45 petugas kasir datang dan pemasukan data datang, satu persatu. -__-

Pukul 10.16 petugas kasir baru mulai memanggil nama pembayar, pukul 10.17 nama saya dipanggil (saya di nomor urut antrian 2 loh), dan pukul 10.20 saya mendapatkan kembali seluruh berkas yang saya serahkan sebelumnya.

Ternyata total saya membutuhkan waktu 1 jam 25 menit untuk membayar PKB di ‘inovasi terbaru’ Samsat Dispenda Prov. Jabar ini, hanya lebih cepat 5 menit dari waktu yang dibutuhkan untuk bayar di tempat biasa!! T__T

One Response to “Balada Pembayaran PKB”

  1. ecky agassi Says:

    semoga akan ada perubahan ke arah yg lebih baik


Leave a Reply

