Lutfi Prayogi; calon mahasiswa Arsitektur UI

PROFIL JURUSAN

Visi

Departemen Arsitektur FTUI beraspirasi membangun pendidikan arsitektur yang unggul dan diakui secara internasional, dengan perspektif global yang mendidik pemimpin humanis dan adil yang tanggap terhadapa persoalan lingkungan.

Misi

Inti dari misi Departemen Arsitektur FTUI adalah pendidikan arsitektur berkualitas yang mendorong pengetahuan perancangan, keterampilan yang diperlukan bagi pribadi lulusan dan professional, dan nilai atau sikap yang dibutuhkan sebagai anggota masyarakat, serta sikap peduli atau tanggap terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan ruang kehidupan manusia.

Departemen Arsitektur UI pertama kali berdiri pada tahun 1965 dengan menawarkan program S1 yang dapat ditempuh selama sekitar tujuh tahun dengan gelar keprofesian Insyinyur (Ir.), dan pada saat ini Departemen Arsitektur UI menawarkan program S1 dan S2 dimana program S1 dapat ditempuh selama sekitar empat tahun yang terdiri dari 144 SKS dengan gelar akademik Sarjana Teknik (ST). Departemen Arsitektur UI kini berlokasi di Kampus Baru Universitas Indonesia di Depok. Departemen Arsitektur UI dikepalai oleh Ir. Triatno Yudo Harjoko, M.Sc, Ph.D.

Norma-norma Arsitektur FTUI adalah integritas, kreativitas, fleksibilitas, pengembangan professional dan personal, ko-operasi, serta keunggulan intelektual. Lulusan Arsitektur FTUI dituntut untuk mampu menerapkan prinisip belajar sepanjang hayat.

TUJUAN

Tujuan paling utama saya memilih untuk meneruskan pendidikan tinggi di Departemen Arsitektur UI adalah untuk memenuhi mimpi saya sejak kecil. Dunia arsiektur adalah dunia yang begitu menarik bagi saya.

Faktor-faktor yang mendukung pilihan saya adalah:

  1. Arsitektur adalah potret fisik dari perkembangan peradaban manusia. Semakin baik arsitektur karya manusia, maka secara kasat mata dapat dikatakan semakin maju peradaban manusia tersebut.
  2. Arsitektur adalah bagian pendukung nyata dari teori-teori sosial kemasyakaratan, baik ekonomi, sosiologi, muamalah, maupun yang lainnya.
  3. Arsitektur adalah bidang yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara nyata, sehingga ilmu arsitektur akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Arsitektur adalah ilmu yang juga memperhatikan unsur humanisme, yaitu seni dan keindahan.

Dengan meneruskan pendidikan tinggi di Departemen Arsitektur UI saya berharap akan mendapatkan dasar-dasar dari ilmu arsitektur sehingga saya dapat melanjutkan pembelajaran sepanajang hayat dalam bidang arsitektur. Saya juga berharap dapat mengabdikan hidup saya untuk masyarakat dalam arti luas dengan mengaplikasikan empat faktor di atas, yaitu memajukan peradaban manusia, memperbaiki kehidupan sosial,  mengembangkan ilmu pengetahuan, dan mensoalisasikan unsur seni dan kehidupan.

MIMPI-MIMPI

Mimpi saya untuk jangka waktu dekat ini adalah dapat terdaftar sebagai mahasiswa Departemen Arsitektur UI melalui jalur SPMB. Mimpi saya untuk jangka panjang, terutama ketika telah terdaftar sebagai mahasiswa Departemen Arsitektur UI adalah:

  1. Menjadi mahasiswa yang lebih baik dari diri saya yang saat ini dan istiqomah dalam menjalankan agama-nya.
  2. Meraih Indeks Prestasi minimal 3.0 dan Indeks Prestasi rata-rata minimal 3.5.
  3. Aktif dalam organisasi, UKM, dan dakwah.
  4. Menjadi Mahasiswa Berprestasi.
  5. Lulus dengan peringkat cum laude.
  6. Melanjutkan S2 ke luar negeri.

KONTRIBUSI

Pada saat menjalani pendidikan tinggi di Departemen Arsitektur UI saya berharap tidak menjadi orang yang hanya dapat berbuat banyak untuk dirinya, tetapi juga untuk masyarakatnya, dalam hal ini Departemen-nya.

Pada saat saya telah menyelesaikan pendidikan tinggi di bidang arsitektur dan telah tiba saatnya untuk secara fokus mengabdikan diri pada masyarakat, saya akan:

  1. Memberi kontribusi aktif dalam perwujudan teori-teori ekonomi, sosiologi, muamalah dan lainnya. Sebagai contoh merancang pasar, ruang publik, atau masjid yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dalam merancang karya bangunan yang lebih baik bagi masyarakat. Sebagai contoh penggunaan material hemat, efisien, dan ramah lingkungan dalam pembuatan bangunan.
  3. Memasukkan unsur seni dan keindahan dalam bangunan-bangunan untuk kehidupan masyarakat yang lebih harmonis.
  4. Mengharumkan nama umat Islam secara umum dan bangsa Indonesia secara khusus di mata dunia dengan merancang bangunan-bangunan berkualitas yang menunjukan tingginya peradaban umat Islam dan bangsa Indonesia.

5 Responses to “Lutfi Prayogi; calon mahasiswa Arsitektur UI”

  1. ashlih Says:

    sepi kali ini..

    hidup enggan mati tak mau..

  2. Duanzy Says:

    AMIENNNNN….. sama-sama berjuang yokkkk!!!! w juga pengn jadi arsitek!!! hehehehehe…..

  3. Rizal Dwi Prayogo Says:

    Semoga sukses,
    terbukti bahwa kekuatan mimpi bisa menjadi kenyataan,,

  4. Lutfi Prayogi Says:

    terima kasih.
    senang berkenalan dengan anda.🙂

  5. 2010 in review « notes of lutfiprayogi Says:

    […] Lutfi Prayogi; calon mahasiswa Arsitektur UI December 2009 4 comments 5 […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: