sepeda motor bangsa kita

Kalo para artis, para pujangga, serta para novelis bangsa kita sudah sejak dulu kala menggunakan klausa ini:

“Kaya mw copot jantung gw”

Gw akui gw emang ketinggalan jaman, karena selama hidup gw yang 17 tahun lebih ini gw baru bener2 merasakannya tadi.

 

Jadi ceritanya gw baru pulang dari kampus.

Keluar dari gerbatama UI, masuk Margonda, belok di Juanda.

Dengan motor Supra X 125 kk gw.

Biasa aja lah.

 

Kecepatan gw biasa, 50-60 km/jam.

Mengendara dengan baik2 saja.

Ada U-turn lengkap dengan orang bermotor (orang sedang mengendarai motor maksudnya) mw muter di depan gw, mw masuk ke jalur searah mw gw.

 

Semotor 3 orang, ga ada yang pake helm lagi.

Rada kesel.

Tapi biarin lah, pelanin motor dikit, dia muter dengan aman.

Gas lagi ah.

 

50-60 km/jam, 10 meteran dari U-turn.

SSSSEEEETTTTT, SEBUAH MOTOR IJO DENGAN HEBATNYA MUTER DI U-TURN ITU.

3 EKOR ANAK SMP-AN GA PAKE HELM.

TIIIIIIIIIINNNNNNNN-Ckiiiittt, rem tangan dan rem kaki gw beraksi.

Dia berenti total malangin jalan selebar setengah ruas jalan.

Rem tangan gw lepas, rem kaki belom.

Motor gw bergerak lurus ala uler, ban belakang gw goyang-goyang meliuk-liuk dahsyat.

Rem kaki gw lepas.

 

Shocked.

 

Alhamdulillah gw g nabrak ituh motor.

 

Apabila gw melaju beberapa mikro detik lebih cepat, maka:

  1. Kemungkinan terburuk, gw nabrak dia secara melintang, persis di tengah2 dalam kecepatan 30 km/jam-an.
  2. Gw nyerempet motor dia, kita berdua kemungkinan jatoh, dia jatoh ke arah mobil di kiri, suatu bagian badannya kelindes.
  3. Gw nyundul motor dia dari belakang, kemungkinan paling enak.

 

Gw muter dan berenti di Pom bensin di depan.

Motor-3-penumpang yang pertama ikutan berenti, kemungkinan besar sekongkolannya.

Motor-3-penumpang-anak-SMP ikutan berenti.

 

Gw panggil dia dengan teriakan tidak ramah gw.

Dia minta maaf.

Gw ga kuat ngomong.

Gw ngomong dikit.

Dia salaman+minta maaf ke gw.

Udah.

Gw bener2 ga bisa ngomong.

 

 

Itulah salah satu potret kehidupan jalan raya kita.

Kehidupan para pengendara motor bangsa ini.

 

Dan anehnya, beberapa kejadian aneh-mengesalkan-lucu tetap gw alami sesudah itu.

 

Di jalan proklamasi, diantara rayapan motor2.

Di depan gw cewe lagi bawa motor, ngeboncengin satu cewe lagi.

Dari belakang gw cowo bawa motor modif-an ngebut-nyalip gw.

Pas tu motor-modifan pas disebelah motor-2-cewe.

Suuuttt, motor-2-cewe bergerak ke kanan menghampiri-hampir-nyerempet motor-modifan.

Padahal di depannya ga ada apa2an.

Dasar ganjen.

 

Di kubangan Jl. Bahagia Raya.

Anak SMP (lagi!) bawa motor didepan gw.

DIA NOLEH KEBELAKANG MULU.

Pengen gw sambit.

 

Di Jl. Maninjau Raya.

Anak SD cewe bawa kayu mw ngambil sesuatu di ranting pohon di atas dia.

Dia angkat kayunya ke atas, pasang kuda2 mw ngambil tuh-barang-gw-ga-tw-apa.

Gw lewat di depan dia dan dia menggerakkan kayunya ke arah gw.

Seakan-akan berusaha ngegetok gw dengan kayu tidak bersalah itu.

Arrrghhhhh!

Leave a Reply

