commutering

Gw baru aja ngalami yang namanya commutering selama 3 hari berturut-turut; 3,4, dan 5 Juli.

 

Jadi ceritanya gw dapet lokasi SPMB di SMUN 28 Jaksel di Pasar Minggu. Secara lokasinya kurang lebih 25 kilometer dari rumah gw, jadi gw kudu berangkat jam 6 pagi supaya bisa sampe disono jam 7. Dan gw menjadi bagian dari jutaan orang pekerja Jakarta yang tinggal di luar Jakarta dan berangkat ke kantornya jam segitu. Gw ngelewatin Jl. Tole Iskandar, Jl. Margonda Raya, Jl. Raya Lenteng Agung, Jl. Raya Pasar Minggu, dan terakhir Jl. Ragunan. Motor gw bergerak dengan kecepatan rata-rata 70 kilometer per jam, dan gw jadi bagian dari ribuan kendaraan bermotor yang mengarah ke Jakarta.

 

Cukup tentang penjelasan kronologisnya.

 

Selama dalam perjalanan, gw merasakan betapa kecilnya gw.

Betapa jutaan orang setiap harinya rela menempuh perjalanan berkilo-kilo demi kehidupan yang lebih baik.

Jutaan orang. Demi kehidupan yang lebih baik.

Ketika gw merasa bahwa gw orang yang hebat karena rela menempuh perjalanan jauh untuk SPMB, ternyata jutaan orang lainnya melakukan hal yang sama dengan gw.

Ketika gw merasa cukup lelah pas sampe di 28 gara-gara naik motor dari rumah gw, ternyata jutaan orang lainnya melakukan hal yang sama dengan gw.

Mungkin jutaan orang tersebut udah kebal kali ya dengan rasa capek.

Salut.

 

Ada yang tinggal Citayam,

kerja di Kota. 45 kilo berangkat, 45 kilo pulang.

Bokap gw sendiri dulu kerja di Veteran, Monas.

35 kilo berangkat, 35 kilo pulang.

Berangkat setengah 6. Pulang setengah 8.

 

Buat introspeksi aja deh.

Kita tuh cuma manusia kecil.

Jutaan orang setiap hari melakukan hal-hal yang menurut kita luar biasa,

demi kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

»
